guru terhebat

jujur saja, saya termasuk ke dalam penganut aliran garis keras "pengalaman adalah guru terbaik.". bukan menyepelekan orang tua sebagai guru pertama saya dan juga guru-guru di sekolah formal yang saya jalani, tapi tetap saja saya masih menganggap pengalaman adalah guru saya. guru-guru saya dalam bentuk konkret, adalah sekelompok orang-orang hebat yang tidak akan pernah lupa saya ucapkan terima kasih di setiap jalan hidup saya. dari beliau semua membuat saya mengerti norma dan nilai baik yang harus saya jalankan di kehidupan dan juga materi-materi kognitif yang berguna bagi kehidupan saya selanjutnya.

tapi, dari pengalaman lah saya belajar bagaimana cara menghadapi kepanikan melakukan perjalanan sendirian di negeri orang, bagaimana menghadapi masalah-masalah hidup yang abstrak, dan bagaimana saya harus bangkit saat sempat terjatuh. pengalaman yang mengajarkan itu semua. dan dari setiap pembelajarannya saya akan mendapat pengalaman baru. atau sebut saja guru baru.

0 komentar:

Posting Komentar