[review] manusia setengah salmon - raditya dika

yeey.. jadi gini, tanggal 24 desember kemaren, buku keenam bang Dika yang berjudul manusia setengah salmon keluar. eh, demi apa lo gak tau siapa raditya dika? jadi ya, dia itu blogger, komedian, yang akhirnya jadi penulis, pemain film, dan selebritis. dia juga suka nyambi jadi tukang parkir di ancol *hehe, peace bang! :)*

penampakan manusia siluman salmon

dan gue disini berniat untuk reviewing sedikit soal buku manusia setengah salmon itu per chapter. iya, PER CHAPTER kalo perlu gue ulangin. here we go! *keselek biji salak*

dimulai dari CHAPTER 1 yang berjudul "Ledakan Paling Merdu". di chapter awal ini gue mulai ngakak  ngebayangin bang dika beserta bokapnya senam kentut bareng di pagi hari demi mendapatkan suara kentut yang paling merdu. tapi walopun diceritain dengan humor, keliatan banget kalo bang dika kangen banget sama kebersamaannya dengan bokapnya yang menghilang setelah muncul kesibukan dia menjadi seleb. ini jadi pelajaran tersendiri buat kita untuk menghargai kebersamaan keluarga :)

CHAPTER 2. Akibat Bertanya ke Orang yang Salah Tentang Ujian. chapter ini berisikan tentang kumpulan tweet ngaco bang raditya dika saat ditanya para followernya soal ujuan nasional. di chapter ini, gue udah ngikik sendirian kayak kuntilanak.

CHAPTER 3 yang judulnya "Sepotong Hati di Dalam Kardus Coklat" ini asli bikin galau maksimal. bagian ini bercerita tentang bang dika yang harus mengalami suatu 'perpindahan'. baik perpindahan rumah bersama seluruh keluarganya, maupun perpindahan hati karena abis putus sama cewenya. di bab ini ada satu paragraf yag jleb banget!

Bagaimana kita pindah dari satu hati ke hati yang lain. Kadang kita rela untuk pindah, kadang kita dipaksa pindah oleh orang yang kita sayang, kadang bahkan kita yang memaksa pindah. Ujung-ujungnya sama: kita harus bisa maju meninggalkan apa yang sudah menjadi ruang kosong.

CHAPTER 4. Hal-hal untuk Diingat Ketika Kencan Pertama. Berisikan tips-tips ngaco (lagi) dari bang dika soal kencan pertama a.k.a first date sama gebetan. mau diikutin, err.. sesat. gak diikutin, rugi! muahahahaha :))

CHAPTER 5. Bakar Saja Keteknya ini bercerita soal sopir baru bang dika yang bau badannya naudzubillah dan usaha-usaha bang dika untuk menyadarkan sang sopir dengan polusi udara yang diciptakannya itu. ngakak? iya!

CHAPTER 6 yang judulnya "Hal-hal yang Tidak Seharusnya Dipikirkan tapi Entah Kenapa Kepikiran" ini menurut gue bab paling gak jelas (sorry bang!). di bab ini ada beberapa hal-hal absurd yang dulu pernah ditweetkan bang dika lewat twitternya.

CHAPTER 7. Pesan Moral dari Sepiring Makanan. Nyeritain tentang bang dika yang wisata kuliner kemana-mana dan mengambil masing-masing kisah unik dari perjalanannya itu. termasuk saat nyasar di venice bersama keempat orang adiknya karena googleMaps yang mati. btw, gue gak suka durian bang! hiyyeeek ><

CHAPTER 8. Kasih Ibu Sepanjang Masa. di bagian-bagian awal bisa bikin ngakak soal summercamp bang dika di belanda. tapi pas bagian cerita di museum itu, bisa bikin gue spontan sms nyokap karena mendadak kangen T_T

CHAPTER 9 "Interview With The Hantus". coba lo semua ngebayangin ada genderuwo ngondek, kunti centil, sampe pocong galau yang keinget mantannya, si suster ngesot. cerita ini fiksi, tapi bisa bikin gue sakit perut nahan ngakak karena kebetulan baca pas jam 2 malem :))

CHAPTER 10. Tarian Musim Kawin. Cerita soal temen bang dika yang nyari gebetan lewat twitter. mulai dari yang twittergenic sampe yang beneran sempurna. dari chapter ini, gue ngambil pelajaran, ternyata dari twitter kita bisa ngeliat sedikir kepribadian orang lain *mulai jaim di twitter*

CHAPTER 11 dengan judul Emo... emo... emo.. emotikon! berisi tentang emotikon random yang diambil (lagi-lagi) dari twitter bang dika. cukup bikin senyum-senyum geje lah yaa..

CHAPTER 12. Jomblonology. seputar jomblo, tipe jomblo, dan bagaimana cara mengatasi kejombloan. skip skip SKIP~ (gak mau bahas ini, berasa disindir kalo masih jomblo! T_T)

CHAPTER 13. Lebih Baik Sakit Hati. NAH! ini bagian favorit gue! bercerita soal bang dika yang harus berjuang menahan sakit giginya akibat pertumbuhan gigi bungsu. mulai dari mengatasi traumanya sama dokter gigi sampe harus makan nasi ayam bakar yang diblender sama nyokapnya. that's a great idea bang! cara lain menghidangkan ayam bakar :)) ngakaknya total. jam 3 pagi dan gue ngikik sendirian di kamar kosan.

CHAPTER 14. Penggalauan. udah ah gak usah dibahas. pokoknya isinya soal tweet bang dika yang bikin galau. #MulaiGalau #GalauMode

CHAPTER 15 "Terlentang Melihat Bintang". Bercerita soal bang dika yang belajar gulat bejang di daerah sunda. gue ngakak waktu bang dika diharuskan merah susu sapi pagi-paginya dan ngerasa jadi artis di dunia persapian saat itu juga. OMO!

CHAPTER 16 yang berjudul "Mencari Rumah Sempurna". disini gue galau lagi. bang dika bercerita soal nyokapnya yang nyari rumah baru buat pindahan. dan bang dika sendiri yang mencari hati yang baru buat move on. Kata-kata maha dahsyat di chapter ini :

bagi gue, rumah adalah dia. karena dia adalah tempat gue pulang. karena, orang terbaik buat kita itu seperti rumah yang sempurna. sesuatu yang bisa melindungi kita dari gelap, hujan, dan menawarkan kenyamanan.

CHAPTER 17. Serupa tapi Emang Beda. diceritakan secara random oleh bang dika soal perbedaan pacaran, LDR, dan jomblo. gue udah pernah baca di twitter bang dika (lagi) jadi gak terlalu surprised (alah, bilang aja gak mau baca karena jomblo!)

CHAPTER 18. chapter terakhir. Manusia Setengah Salmon. bercerita soal bang dika yang berubah jadi salmon. eh, bukan. cerita soal kesiapan hati bang dika buat berubah menjadi lebih baik. seperti salmon, yang harus ngambil resiko mati saat pindah buat bertelur, begitu juga manusia. disini gue speechless ngebaca setiap pikiran bang dika soal perpindahan. semua bener, dan tepat!

well, sekian review panjang gak penting dari gue soal buku manusia setengah salmon nya bang raditya dika. yang jelas, di buku ini terlihat banget kedewasaan bang dika dibanding buku-buku sebelumnya. dan.. RECOMMENDED banget buat dibaca dan terutama dibeli. chaow!
belakang kover.
agak gak jelas apa maksudnya.
menampilkan penampakan manusia salmon dalam berbagai pose.

2 komentar:

  1. Rendy Aprizal mengatakan...

    MUAHAHAHA! Itu buku emang recommend banget. Gak kerasa yang dulunya gue masih SMP baca buku dia, sampe sekarang gue SMA, masih tetep baca buku dia. Gak kerasa perpindahannya.

  2. hhahaa.. iya. kerasa banget beda gaya bahasanya bang dika di kambing jantan sama di manusia setengah salmon ini..

Posting Komentar